Mengenal Sumber Belajar

Untuk mengenal Sumber belajar, mari kita cermati dulu istilah pembelajaran berikut:

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik ( http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran, diakses tgl.11-8-2012 oleh penulis ).

Dalam pengertian pembelajaran di atas, sumber belajar merupakan bagian yang tak terpisahkan dari interaksi antara peserta didik ( siswa ) dan pendidik ( guru ). Interaksi ini akan konstruktif apabila pendidik mampu menyusun desain pembelajaran yang efektif dengan mendayagunakan sumber belajar yang ada. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar. Target belajar ini minimal adalah tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran dan sumber belajar sangat diperlukan. Secara ringkas prinsip-prinsip dimaksud meliputi: Perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung, pengulangan, tantangan, umpan balik/penguatan, perbedaan individu, pengkondisian ( baik klasik maupun operant ). Untuk informasi lanjut, silahkan kunjungi http://www.id.wikipedia.org/wiki/pembelajaran.

Sumber belajar bermacam-macam diantaranya adalah: Lingkungan sekitar, peristiwa, nara sumber, perpustakaan, laboratorium, buku referensi, website/blog. Kitab suci dan perilaku juga telah digunakan sebagai sumber belajar oleh umat manusia. Baik perilaku manusia, hewan, maupun tumbuhan. Bukankah Burung dan Capung telah dijadikan sebagai sumber belajar oleh ilmuwan pengembang pesawat terbang / heli kopter ?

Dengan adanya perkembangan/kemajuan dunia digital, internet telah menjadi pengaya sumber belajar yang berdampak luas. Informasi banyak hal dapat anda temukan dengan mengakses internet, untuk itu BPTIKP Jateng memiliki ide yang tepat pada tahun 2012 ini dengan menjadikan Blog Guru/Sekolah sebagai Pengaya Sumber Belajar. Bukankah kreativitas dan innovasi dapat ditumbuhkan dengan pembuatan blog dimaksud? Untuk itu kami sarankan ikuti dan akses Blog PAKAR KITA ini yang menyajikan berbagai informasi yang sangat diperlukan pendidik dan peserta didik.

Advertisements

2 thoughts on “Mengenal Sumber Belajar

    • Salam kembali dan terima kasih. Silahkan telusur Meditasi dalam Blogroll atau social network ( Your App Page Blog ) atau mutiara-mutiara lainnya yang tersebar dalam link url yang diberikan, berikan support. Ajak serta rekan-rekan anda untuk membuka dan mengembangkan wawasan bagi kemajuan dunia pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s