Besi dan Manfaatnya

Besi adalah unsur logam yang bernilai ekonomis tinggi karena sifat-sifat fisiknya yang mudah ditempa, dimodifikasi, dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup manusia, baik untuk industri berat maupun ringan dan bahkan untuk peralatan militer. Dalam referensi Islam nama besi disebut dalam al-Quran sebagai nama salah satu surah yang ada, yaitu al-hadid. Silahkan dicermati pada al-Quran Explorer ( S.57; A. 25 ). Yaa benar, surah al-Hadid ayat ke-25  itu menyinggung unsur besi yang memiliki kekuatan yang hebat dan banyak kemanfaatannya bagi manusia. Dalam sistem periodik unsur, simbol dari unsur besi adalah Fe. Simbol Fe diambil dari nama Ferrum, sesuai dengan aturan tata nama unsur dimana huruf pertama memakai huruf besar dan huruf kedua memakai huruf kecil, setelah simbol F dipakai untuk simbol unsur Fluorine.

Dengan teknologi yang terus dikembangkan para ahli, kini industri besi baja memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Pekerjaan-pekerjaan konstruksi tidak dapat terlepas dari pemanfaatan besi, demikian pula industri auto motif dan permesinan. Dalam pengolahan bijih besi, kami bangga bahwa negara tercinta Indonesia memiliki Krakatau Steel yang telah banyak berperan dalam menunjang pembangunan dan kebutuhan besi-baja, baik untuk keperluan dalam negeri maupun untuk di ekspor. Penemuan dan pemanfaatan logam besi dan logam-logam lainya memiliki arti penting untuk mendukung kemajuan peradaban umat manusia. Manfaatkan logam-logam tersebut untuk kemakmuran hidup dan jangan gunakan logam-logam itu untuk kerusakan di muka bumi, namun kebanyakan manusia lalai sehingga mereka justru berbuat banyak kerusakan di muka bumi, padahal Tuhan yang telah mencipta keperluan hidup manusia di bumi tidak menyukai kerusakan tersebut. Bukankah Tuhan telah memberikan pengajaran kepada umat manusia, sehingga mereka dapat mengembangkan potensi kecerdasan otaknya sebagaimana disinggung dalam surah al-Alaq ayat 1-5 ( S.96; A. 1-5 ) ?

The first four verses (ayat) of Al-Alaq, the 9...

The first four verses (ayat) of Al-Alaq, the 96th chapter (surah) of the Qur’an. Egyptian Calligraphy of the first lines of Sura al-Alaq. Bahasa Indonesia: Kaligrafi surah al-‘Alaq ayat 1 sampai 4 yang berasal dari Mesir. (Photo credit: Wikipedia)

Advertisements

One thought on “Besi dan Manfaatnya

  1. Ya, benar al-Hadid = besi. Besi telah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan, untuk kemajuan peradaban kita. Bukankah tubuh kita juga mengandung senyawa besi dalam haemoglobin? Bukankah gedung-gedung pencakar langit juga ditopang oleh konstruksi besi-baja? Namun memprihatinkan juga bahwa besi/mesin perang telah banyak disalah gunakan untuk membunuh manusia yang tidak berdosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s